Kamis, 24 November 2011

Usai Diimunisasi, Balita Lumpuh

0 komentar
MAGETAN - Malang menimpa Arlen Dwi Anggara. Balita berusia 2 tahun 7 bulan itu mengalami kelumpuhan usai mendapatkan imunisasi campak dan polio. Diduga, balita asal Dusun Gandu, Desa Ngiliran, Kecamatan Panekan, itu terkena sindrom infeksi pasca imunisasi (IPI). Anak penjual mie ayam itu juga mengalami kesulitan bicara.
Menurut Sutiyem, ibu Arlen, pada 18 Oktober lalu dirinya datang ke Puskesmas Plaosan untuk mengimunisasikan Arlen. Kebetulan, saat itu pemerintah tengah menggelar program Pekan Imunisasi Nasional (PIN). ’’Saya tidak ingin melewatkan kesempatan itu,’’ kata Sutiyem.
Di puskesmas itu, lanjut Sutiyem, Arlen mendapat satu tetesan imunisasi polio dan satu kali suntikan imunisasi campak pada lengan kirinya. Sehari berselang, Sutiyem mendapati anaknya mulai susah berdiri. Namun, saat itu dia belum sadar jika buah hatinya itu mengalami penurunan kondisi tubuh.
Pada Senin (21/11) lalu, dia membawa anak keduanya itu ke bidan desa. ’’Kata bu bidan, anak saya sudah lumpuh. Akhirnya langsung saya bawa ke Puskesmas Panekan. Sebelumnya, saya sempat membawa anak saya ini ke dukun pijat,’’ ungkap Sutiyem.
Di puskesmas itu, dari hasil rekam medis diketahui jika Arlen mengalami kemunduran kesehatan. Bobotnya turun separo, dari 12 menjadi enam kilogram. Sementara, tulang-tulang kaki dan tangannya tak bisa difungsikan. Saat diajak interaksi pun bocah itu tak mampu.
’’Padahal, sebelumnya Arlen sudah bisa lari, bermain, dan selalu ceria. Kini senyum anak saya itu tidak pernah tampak lagi. Badannya terlihat lemah dan tidak bisa diajak bicara,’’ kata Sutiyem pilu. ’’Melihat anak saya yang tak berdaya di puskesmas, saya meminta untuk dirujuk ke rumah sakit,’’ imbuh Sakum, ayah Arlen.
Akhirnya, dengan bantuan Puskesmas Panekan, pagi kemarin Arlen dirujuk ke RSUD dr Sayidiman Magetan. Di badan layanan umum daerah (BLUD) itu, Arlen mendapat tindakan awal medis di poli anak sebelum akhirnya diinapkan di ruang Irna IV. ’’Saya ingin ada tanggungjawab dari pemerintah. Kalau memang anak saya ini sakit karena imunisasi, kami sangat membutuhkan biaya untuk rawat inap dan pengobatannya,’’ harap Sakum. (wka/isd) 


RADAR MAGETAN

Leave a Reply

Berita Terkini :

 
RADAR MAGETAN © 2011 Radar Magetan. Supported by SMKN 1 BENDO

Lebih dekat lebih lengkap